Mengenal Industri Periklanan di BrazilBrazil merupakan sebuah negara di Amerika Selatan yang terkenal sebagai salah satu negara penghasil pemain sepakbola terbaik. Negara ini memiliki banyak pemain sepakbola berkelas dunia dan bermain di klub sepakbola terbaik. Selain itu, Brazil juga dikenal sebagai salah satu negara yang industri kreatifnya berkembang cukup pesat. Hal ini juga berlaku dalam industri periklanan yang ada di Brazil. Seperti yang telah diketahui, iklan merupakan salah satu sarana promosi yang efektif untuk memasarkan produk maupun jasa. Sebuah iklan yang kreatif, menarik, dan informatif akan memudahkan masyarakat untuk bisa mengenal produk dari iklan tersebut. Hal ini juga terjadi pada industri periklanan yang ada di Brazil.

Iabbrasil – Brazil menjadi salah satu negara yang memiliki banyak iklan kreatif dan unik sehingga masyarakat akan dengan mudah tertarik pada produk tersebut dan mengingat iklan tersebut. Lantas, bagaimana sebuah perusahaan di Brazil memasarkan iklan tersebut dan media apa yang sering digunakan? Secara umum, perusahaan yang ingin memasarkan produknya akan membuat iklan di beberapa media sosial dan televisi yang bisa diakses di Brazil. Media sosial digunakan karena banyak masyarakat Brazil yang mengakses media sosial sebagai bagian dari lifestyle yang mereka miliki. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk memasarkan iklan adalah Facebook, Instagram, Google Search, dan Google Display. Banyak perusahaan yang menggunakan Facebook karena hampir 90% masyarakat Brazil memiliki akun Facebook. Selain itu, biaya untuk membuat sebuah Facebook Ads juga sangat terjangkau. Sementara itu, Instagram menjadi platform media sosial kedua terbanyak yang digunakan oleh masyarakat Brazil. Masyarakat bisa membuat sebuah Instagram Ads yang terdiri dari foto, video, slideshow, dll. Selain itu, mereka juga menggunakan Google Search dan Google Display untuk memasarkan produk dengan jaringan lebih luas secara online.

Sementara itu, televisi seperti Connected TV (CTV) menjadi sarana hiburan utama bagi masyarakat Brazil. Hal inilah yang membuat tingkat efektivitas dari sebuah iklan yang dipasarkan di media sosial dan televisi sangat tinggi. Sehingga, banyak perusahaan yang memilih untuk membuat iklan dan memasangnya di media sosial serta TV Brazil. Secara umum, biaya yang dikeluarkan untuk membuat iklan di media sosial lebih murah dibandingkan televisi. Akan tetapi, jangkauan iklan di televisi lebih luas. Hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat Brazil bisa mengakses media sosial. Sedangkan televisi banyak tersedia di berbagai fasilitas publik. Meskipun begitu, sebuah survei menyatakan bahwa tren iklan digital di Brazil akan naik lebih tinggi dibandingkan dengan tren iklan di media tradisional di televisi. Hal ini sejalan dengan berbagai pengaruh globalisasi yang mulai mengubah tren di masyarakat.

Industri periklanan di Brazil juga mengalami masa pasang surut. Hal ini dipengaruhi dengan kondisi terkini yang terjadi Brazil maupun dunia. Sebagai contoh, industri periklanan di Brazil sempat mengalami masa surut saat pandemi COVID-19 mulai menyerang Brazil hingga membuat ribuan orang di Brazil terinfeksi. Hal ini juga mempengaruhi penurunan omset di industri periklanan. Namun, pada tahun 2021, industri periklanan di Brazil mulai menunjukkan geliat kemajuan. Harga saham dari perusahaan periklanan mulai naik serta banyaknya iklan kreatif yang kembali diproduksi menjadi salah satu tren positif bagi industri periklanan di Brazil. Hal inilah yang membuat industri periklanan di Brazil menjadi salah satu yang terbaik di Amerika Latin baik dari segi kualitas konten maupun ketahanan dalam menghadapi berbagai kondisi.