Berbagai Hal tentang Industri Periklanan di BrazilBagi suatu perusahaan, pemasaran dan promosi sebuah produk merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan promosi sebuah produk atau jasa akan mempengaruhi jumlah produk atau jasa dari masyarakat. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memiliki perhatian khusus terhadap pemasaran produk dari masyarakat. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memasarkan suatu produk atau jasa adalah dengan membuat iklan. Sebuah iklan yang menarik serta informatif akan membuat masyarakat tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Hal ini tentu akan meningkatkan pendapatan dari masyarakat. Hal inilah yang membuat industri periklanan menjadi salah satu industri yang maju di berbagai negara. Salah satu negara yang memiliki industri periklanan maju adalah Brazil.

Iabbrasil – Brazil menjadi negara dengan perkembangan industri periklanan yang pesat di Amerika Latin. Iklan yang dihasilkan oleh negara ini memiliki ciri tertentu yang berbeda dengan negara lainnya. Hal inilah yang menjadi keunikan dari industri periklanan di Brazil. Iklan yang menarik bagi masyarakat Brazil adalah iklan yang menghibur. Selain itu, konten yang dihasilkan oleh iklan tersebut juga memiliki toleransi yang lebih tinggi dibandingkan dengan iklan sejenis dari negara lain. Hal inilah yang membuat iklan di Brazil menjadi lebih bervariasi. Umumnya, iklan tersebut diperankan oleh model atau aktor dan aktris populer di Brazil. Tujuannya adalah untuk menarik minat dari masyarakat Brazil karena menggunakan public figure yang terkenal.

Sementara itu, media yang digunakan oleh iklan di Brazil dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu media tradisional dan media digital. Media iklan tradisional yang sering digunakan adalah televisi, billboard, koran, majalah, dll. Dari beberapa media tersebut, televisi menjadi salah satu media tradisional paling efektif bagi industri periklanan di Brazil. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Brazil yang menonton televisi. Sehingga, informasi iklan yang disampaikan melalui televisi akan lebih efektif. Sedangkan media digital yang sering digunakan adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, Google Display dan Google Search. Beberapa media sosial tersebut digunakan karena banyaknya masyarakat Brazil yang mengakses informasi melalui media sosial tersebut. Sebagai contoh, sekitar 90% masyarakat Brazil menggunakan Facebook. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mengiklankan produk atau jasa mereka melalui Facebook Ads. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh Facebook Ads juga terjangkau. Sehingga, media sosial Facebook menjadi sarana efektif untuk memasarkan iklan dan produk.

M&C Saatchi F&Q

Kualitas dari suatu iklan yang ditampilkan juga dipengaruhi oleh tim produksi dari iklan tersebut. Hal ini membuat banyak perusahaan di Brazil lebih selektif dalam memilih agensi periklanan yang memiliki kreativitas tinggi dan mampu menghasilkan iklan yang berkualitas. Ada beberapa agensi periklanan yang bisa dipilih oleh perusahan di Brazil yang ingin memasarkan produk mereka melalui iklan. Salah satunya adalah M&C Saatchi F&Q. Agensi periklanan ini telah berdiri sejak tahun 2018. Jumlah tim yang tergabung dalam agensi tersebut adalah sekitar 72 orang. Tim yang bekerja di perusahaan ini mampu berbahasa Portugis dan Inggris. Hingga saat ini, agensi iklan ini telah mampu menyelesaikan 72 projek iklan. Agensi iklan lain di Brazil adalah Mindo. Lokasi kantor dari agensi ini adalah São Paulo, Brazil. Mereka bisa menggunakan bahasa Portugis dan Inggris. Sedangkan jumlah tim produknya adalah sekitar 7 orang. Hingga saat ini, mereka bisa menyelesaikan 7 buah projek iklan.